Mengenal GERD Penyakit Sejuta Umat - GERDiary #2

@ziatuwel

Vlog #2

Setelah mendapatkan penjelasan tentang GERD dari Bu Anung, dan menyadari bahwa itulah yang kuderita, aku pun makin penasaran. Kucari informasi tentang GERD yang masih sangat asing itu. Sejauh penelusuranku, ternyata GERD ini cukup populer di Barat.

GERD merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan khalayak. Meskipun mereka tak tahu bahwa itu GERD. Pada tahun 2005 saja, di negara-negara Barat, tingkat pengaduan gejala GERD mencapai 10-20%. Sedangkan di negara-negara Asia hanya 5%. Gejala paling umum GERD adalah naiknya asam lambung (reflux) dan rasa panas di dada (heartburn).

GERD diartikan sebagai penyakit (disease) yang disebabkan oleh membaliknya (reflux) isi lambung ke atas kerongkongan atau sampai ke rongga mulut, sebab ada masalah di saluran antara lambung (gastre) dan kerongkongan (esofagus). Maka disebut dengan 'gastro-esophageal reflux disease' atau disingkat GERD.

Ada jenis GERD yang erosif atau mengikis (erosive reflux disease; ERD) dan non-erosif atau tak mengikis (non-erosive reflux disease; NERD). Perbedaannya, ERD mengakibatkan kerusakan atau luka tertentu di saluran kerongkongan, sebab reflux yang terjadi terus menerus. Sementara NERD tidak menyebabkan kikis atau luka.

Ada atau tak adanya luka bisa diketahui dengan cara endoskopi. Yakni metode mengetahui kondisi kerongokongan sampai ke lambung dengan menggunakan selang kecil berkamera yang dimasukkan melalui mulut. Akan kuceritakan betapa kapoknya pengalamanku diendoskopi di tulisan lain. Insyaallah.

Sialnya, gejala-gejala GERD ditengarai sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup (HRQoL; health related quality of life). Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian pada tahun 2011 terhadap 14.774 pengidap GERD. Kesimpulannya, gejala-gejala GERD yang dialami pengidap GERD berpengaruh menurunkan kondisi fisik maupun mentalnya.

Keterangan tentang GERD ini kukutip dari artikel berjudul Diagnosis and treatment of gastroesophageal reflux disease, tulisan Raul Badillo and Dawn Francis di web NCBI (National Center for Biotechnology Information) U.S. National Library of Medicine. Intinya; (1) GERD merupakan gangguan kesehatan yang berpusat di lambung dan kerongkongan, (2) Gejala utama GERD  berupa reflux dan heartburd, dan (3) GERD mengganggu kesehatan fisik dan psikis.

Apa yang tertulis di sana tak jauh beda dengan apa yang kualami. Namun kukira perlu kuceritakan secara khusus gejala-gejala GERD yang kualami, diagnisanya, hingga penyembuhannya, tentu berdasarkan pengalamanku pribadi. Insyaallah kusajikan di tulisan-tulisan berikutnya.


No comments:

Powered by Blogger.