Berbagi Pengalaman Penyintas GERD - GERDiary #0

Oleh: @ziatuwel

Vlog #0:

Sebelumnya sudah pernah kutulis beberapa artikel mengenai GERD yang kualami. Juga pernah kutulis upaya pemulihan yang kulakoni. Agaknya tulisan-tulisan itu cukup berguna bagi teman-teman yang sedang berjuang menghadapi GERD-nya.

Banyak di antara teman-teman yang kemudian mengontak melalui medsos atau nomor pribadiku. Atau sekedar berkomentar di artikel yang kutulis. Banyak yang baru tahu bahwa GERD-lah yang selama ini mereka rasakan. Banyak pula yang kemudian tertarik mempraktikkan tata pola makan sebagaimana yang kujalankan.

Namun agaknya catatan-catatan itu masih terlalu global dan kurang terperinci. Maka kupikir perlu juga kutulis perihal GERD yang kualami dan ikhtiar Food Combining yang kulakoni secara lebih rinci. Tentu saja sebagai diary-ku pribadi dan biar bisa diakses teman-teman di luar sana yang sedang desperate dan bingung menghadapi gejala-gejala GERD.

Kurasa edukasi tentang GERD ini sangat kurang di masyarakat. Padahal ia sudah menjadi semacam wabah bagi manusia modern. Maka semoga seri GERDiary ini bisa jadi semacam media edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan pangan. Tulisan GERDiary ini mungkin isinya bisa mulai dari;

- Apa itu GERD
- Bagaimana gejalanya
- Apa penyebabnya
- Konsep Homeostatis
- Pengaruh GERD terhadap fisik
- Pengaruh GERD pada psikis
- Tugas organ pencernaan
- Jam kerja efektif organ
- Makanan sehat
- Pola makan amburadul
- Gaya hidup sembarangan
- Menata pola makan
- Perut muara penyakit
- Prinsip dasar Food Combining
- Jadwal makan Food Combining
- Penyembuhan perlahan
- Mengatasi kepanikan
- Pertolongan pertama saat kumat
- Libur Food Combining
- Food Combining saat puasa
- Food Combining saat bepergian
- Tips belanja buah dan sayur
- Terapi lain di samping Food Combining
- Optimisme dan keyakinan
- Setelah sembuh
- dll.

Apalagi? Ada yang mau menambahi? Silakan request di kolom komentar. Insyaallah akan kutulis satu persatu. Selain dari pengalaman pribadi, kuramu dengan referensi-referensi kredibel yang bisa kuakses. Tentu saja kutulis dari kacamata seorang penyintas GERD, bukan ahli gizi ataupun praktisi kesehatan profesional. Semoga bermanfaat.

NEXT: Awal Mula Kenal GERD


No comments:

Powered by Blogger.