13 Kisah Kesembuhan, Rumah Tangga & Kegaiban Berkah Surah Al-Baqarah

@ziatuwel

Bagi engkau yang dirundung gundah sebab sakit berkepanjangan, gelisah sebab tekanan batin kehidupan, tak sabar merindukan jodoh maupun keturunan, tersiksa sebab teror lilitan utang, ataupun segala serba-serbi kesedihan, akrabilah Al-Baqarah! Akrabilah surat yang disebut sebagai 'punuknya Quran', disebut oleh Imam Qurthubi mengandung seribu perintah, seribu larangan, dan seribu kabar.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Abu Umamah al-Bahili, bahwa Baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dhawuh,

اقرءوا سورة البقرة فإن أخذها بركة وتركها حسرة ولا تستطيعها البطلة

"Bacalah surat Al-Baqarah, karena sungguh mengambilnya adalah berkah (al-barakah), meninggalkannya adalah sial (al-husrah), dan kehancuran (al-bathalah) tak sanggup menggapainya."

Di dalam hadits ini Rasulullah menegaskan tiga hal. Pertama, keberkahan yang akan digapai oleh orang yang membaca Surah al-Baqarah. Keberkahan ini termasuk keberhasilan cita-cita, tercukupinya rejeki, jalan keluar masalah hidup, maupun kesembuhan dari berbagai penyakit, baik lahir mupun batin. Kedua, kesialan bagi orang yang mengabaikannya, yakni berupa penyesalan sebab tidak memanfaatkan fasilitas istimewa dari Allah ini untuk mengatasi berbagai problem kehidupan. Ketiga, benteng kokoh dari kehancuran, berupa sihir, 'ain, dengki manusia, gangguan jin, hasutan setan, dan sejenisnya.

Di hadits lain, riwayat Imam Muslim, Rasulullah dhawuh,

لا تجعلوا بيوتكم مقابر إن الشيطان يفر من البيت الذي تُقرأ فيه سورة البقرة

"Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah."

Artinya, rumah kita berpotensi menjadi sewingit kuburan dan dihuni setan dari kalangan jin maupun diri kita sendiri yang kesetanan. Entah disebabkan faktor internal berupa kurangnya riyadhah atau banyaknya maksiat, maupun faktor eksternal berupa gangguan dari jin atau orang-orang yang hasud. Sedangkan surah Al-Baqarah sangat ampuh menjadi benteng rumah dari gangguan-gangguan gaib tersebut. Sabda Nabi, setiap ayat dari surah Al-Baqarah diturunkan bersama delapan puluh malaikat yang menyertai. Apalagi ditambah Ayat Kursi di dalamnya yang mengandung keistimewaan tersendiri.

Lalu bagaimana cara mendapatkan berkah, menghindari kesialan, dan terjaga dari sihir melalui surah Al-Baqarah? Sederhana. Bacalah ia setiap hari, baik di dalam shalat ataupun di luar shalat. Bisa dicicil atau lebih baik lagi dalam sekali duduk. Bisa siang atau lebih baik malam hari selepas tahajud dan shalat hajat. Bacalah dengan tartil sesuai kemampuan. Untuk yang sudah lancar, membaca Al-Baqarah dari awal sampai akhir dengan tartil paling lama 90 menit. Bagi yang sudah hapal dan bisa baca cepat dengan tartil, cukup 40-50 menit. Bagi yang masih terbata, mungkin butuh 2-3 jam.

Tentu saja durasi segitu tak sebanding dengan khasiat luar biasa yang dikandung oleh surah Al-Baqarah. Maka jika betul-betul kau harapkan cita-citamu terwujud, mohonlah kepada Allah dengan wasilah Al-Baqarah. Sempatkan waktu malammu untuk uzlah dan membacanya. Setelah rampung, bertawajjuhlah kepada Allah, memohon apa yang diharapkan degan sungguh-sungguh. Memohon sembuh dari penyakit seberat apapun, terbebas dari problem serumit apapun, atau sekedar untuk membersihkan rumah dan penghuninya dari hawa negatif tak kasat mata.

Berikut ini kisah-kisah nyata pengalaman beberapa orang terkait amalan surah Al-Baqarah, baik dalam urusan perdagangan, penyakit, jodoh, keturunan, rumah tangga, persengketaan, sihir, hingga kejiwaan. Kusadur dari sebuah konten milis asal Mesir; Muntadiyat Nujum Misriyyah

Deresan ALKITAB (Syawalan Keluarga Santri Madrasah Huffadh Tegal Brebes), Sangkanayu 2013

(1)

"Seorang pedagang begitu pailit. Semua strategi dan upaya sudah dilakukan tapi nihil. Kemudian ia mendawamkan baca surah Al-Baqarah. Setelah beberapa hari, tanpa ia duga rejeki mengalir begitu deras dari arah yang tak ia sangka."

(2)

"Seorang wanita menderita sebab sihir. Ia datang ke banyak kiai untuk minta doa. Salah seorang kiai menganjurkan untuk meruqyah dirinya sendiri dengan membaca surah Al-Baqarah dalam tahajud malamnya. Anjuran itu ia laksanakan, hasilnya semua sihir yang membelenggunya ambrol dan ia bahkan dikaruniai keturunan."

(3)

"Seorang gadis susah jodoh. Usianya sudah kepala empat, dan segala urusannya terasa seret. Ia tinggal bersama orang tuanya yang sudah sepuh di sebuah rumah besar. Suatu ketika ia mendengar faedah surah Al-Baqarah dan mulai mendawamkannya, dengan harapan mendapatkan keberkahan. Setelah pembacaan di hari ke sekian, ia mendengar suara aneh yang begitu nyaring. Semua penghuni rumah mendengarnya, namun tak ada siapapun selain mereka. Setelah diperiksa, salah satu pohon di pekarangan tumbang, meninggalkan lubang yang di dalamnya terdapat buntelan berisi jimat sihir. Si gadis melaporkan kejadian ini kepada seorang kiai dan menceritakan tentang amalannya. Selang sebulan pengamalan surah Al-Baqarah, ia dilamar oleh orang dan ndilalah segala urusannya menjadi lancar. Selama ini ia tak pernah tahu bahwa ternyata ada bayang-bayang sihir mencengkeram rumahnya, dan diruntuhkan dengan berkah Al-Baqarah tanpa disengaja."

(4)

"Aku bersama saudariku sepakat untuk mewiridkan surah Al-Baqarah setelah membicarakan keutamaan dan keberkahannya. Setelah obrolan itu, saudariku ngantuk dan tertidur. Akupun keluar dari kamarnya. Selang beberapa saat, ia bangun dan tergesa-gesa menghampiriku. Katanya ia baru saja didatangi sesosok jin wanita dalam tidurnya yang mengancam; jangan coba-coba kalian membaca Al-Baqarah kalau tak mau mendapat penderitaan yang tak terbayangkan. Saudariku ketakutan oleh ancaman itu. Namun aku tetap mulai pembacaan surah Al-Baqarah setelah zhuhur. Sampai di halaman 12 (juz 2), aku merasa mual begitu hebat, lalu segera memburu toilet dan muntah-muntah berwarna hitam. Setelah hari itu, kami terbiasa mendawamkan surah Al-Baqarah."

(5)

"Dulu saya menderita insomnia parah. Bau bisa idur setelah 4-5 jam berbaring di kasur. Setelah merutinkan Al-Baqarah, saya sembuh dan bisaberistirahat dengan nyenyak."

(6)

"Ada seorang kawan yang punya anak wanita yang miskin, selalu lelah, dan terus-menerus keguguran. Suatu hari kudengar kabar wanita itu sudah melahirkan. Akupun penasaran apa kiat yang sudah diusahakan. Kutanyakan kepada orang tuanya, dijawab bahwa tiap hari anak wanitanya itu membaca surah Al-Baqarah, kemudian meniup dirinya sendiri dan air untuk diminum pagi-sore. Tanpa berobat ataupun terapi apapun, hanya dengan berkah surah Al-Baqarah."

(7)

"Sebuah rumah tangga dirundung kegelapan. Suami istri yang sudah lama berumah tangga itu menghadapi masalah pelik, sementara anak-anak perempuan mereka yang sudah dewasa tak jua ada yang melamar. Anak-anak perempuan itu ikhtiar dengan menggelar majlis zikir di mana mereka menghapal surah Al-Baqarah yang berlangsung tiap hari. Hingga suatu hari, saat mereka mendaras surah Al-Baqarah, terdengar suara ledakan dari dalam rumah. Sang ayah menemukan satu bekas ledakan berupa lubang kecil di bawah kursi. Hal ini dilaporkan kepada kiai kenalan mereka. Sang kiai menjelaskan bahwa selama ini ada yang menaruh sihir di rumah mereka, dan ketika mereka mendaras surah Al-Baqarah sihir itu hancur, setan-setnan berlarian keluar dari rumah. Benar saja, setelah kejadian itu rumah tangga mereka kembali erat, sedangkan anak-anak perempuan mereka dipinang orang."

(8)

"Pernah suatu masa dalam rumah tanggaku begitu kacau. Suamiku jarang pulang dan aku diirundung rasa curiga, ragu, dan tak percaya padanya. Aku merasa rumah tangga kami tak bisa lagi dilanjutkan. Tak ada gairah hidup sama sekali, kurasa hidupku saat itu betu-betul hancur. Apalagi ditambah sakit kepala siang dan malam, serta sakit perut yang aneh. Tiap kali kubaca Quran, kurasakan keanehan hingga tubuhku terasa begitu ringan, serasa terbang, dan tiba-tiba aku menangis. Hingga satu kai kumulai mendawamkan surah A-Baqarah beberapa hari, entah bagaimana hubunganku dengan suami kembali pulih, penyakitku pun sembuh. Kini aku masih mendawamkan surah Al-Baqarah, semoga segera dikaruniai keturunan yang saleh."

(9)

"Beberapa kali membaca surah Al-Baqarah, tubuhku gemetaran begitu parah, entah kenapa. Namun lama-lama gemetar itu hilang dengan sendirinya, dan kini kondisiku semakin baik."

(10)

"Aku mendawamkan membaca surah Al-Baqarah sampai waktu fajar, kemudian shalat Shubuh. Kupanjatkan permohonan semoga Allah merukunkanku dengan suami, serta mengaruniai kami rumah dan pekerjaan. Kuniatkan doa itu sebelum membacanya, lalu di tengah pembacaan aku juga berdoa, setelah selesai aku berdoa lagi dengan lebih khusyuk sambil menangis. Dan alhamdulillah, kini rumah bisa kami beli, pekerjaan yang layak bisa kami dapatkan, dan hubunganku dengan suami jadi mesra. Meskipun harapan kita sudah terwujud, kita musti tetap melanjutkan amalan tersebu, jangan ditinggal. Sebab pada hakekatnya membaca Quran adalah untuk taqarrub kepada Allah Ta'ala."

(11)

"Seorang istri sedang bermasalah dengan suaminya. Seakan ada jurang pemisah antara mereka, sampai-sampai mereka tak saling bicara. Hal ini erjadi begitu saja anpa ada sebab yang jelas, padahal mereka saling mencintai satu sama lain. Ketika merasa rumah tangganya di ambang kehancuran, wanita itu menziarahi Baitullah, di sepertiga malam terakhir ia mendirikan shalat tahajud dengan membaca surah Al-Baqarah sampai tuntas. Di hari itu juga, hilanglah jurang pemisah itu dan kembalilah kehidupan rumah tangganya seperti semula."

(12)

"Seorang lelaki menderita penyakit begitu lama hingga ia koma. Sampai-sampai keluarganya menyangka ia sudah mati. Selama itu pula berbagai upapa pengobatan sudah dilakoni tanpa ada hasil berarti. Kemudian keluarganya sepakat membacakan surah Al-Baqarah secara bergiliran tiap hari. Setelah sebulan, pria itu sembuh dan sadar. Ia bahkan berkata bahwa setelah sembuh dirinya dipenuhi rasa cinta, entah mengapa, dan tak ada kebencian kepada siapapun yang dahulu pernah ia benci."

(13)

"Seorang wanita mengalami penyakit parah yang tak kunjung sembuh. Pengobatan dijalani, bahkan ruqyahpun sudah ditempuh, namun tak ada hasil. Hingga suatu saat wanita tersebut mendirikan dua rakaat shalat sunnah di sepertiga malam terakhir dengan membaca surah Al-Baqarah sampai selesai. Setelah itu ia muntah benda-benda aneh berwarna hijau, lalu berangsur-angsur sembuh."

Demikian tiga belas kisah pengalaman orang-orang degan segala masalah hidupnya yang tuntas dengan wasilah surah Al-Baqarah. Jika Anda dirundung masalah pelik dalam hidup, silakan yakinkan hati dan mulai akrabi Al-Baqarah. Percayalah kepada dhawuh Baginda Nabi Muhammad di atas, serta yakin dengan firman Allah di ayat 186 surah Al-Baqarah.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan jika hamba-hamba-Ku bertanya padamu (wahai Muhammad) tentang-Ku, maka sesungguhnya Aku sangar dekat. Kujawab seruan penyeru bila menyeru-Ku. Maka hendaknya mereka menyambut-Ku dan percaya pada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran."

Jika Anda punya pengalaman serupa terkait keberkahan Al-Baqarah, silakan berbagi di kolom komentar artikel ini. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Salam.

Tuwel, Selasa 9 Juli 2019 / 6 Dzulqa'dah 1440

No comments:

Powered by Blogger.