Seri Arkanuddin #2 - Rukun Iman Antigalau

Oleh: @ziatuwel

Iman kepada Allah. Percaya dan yakin terhadap keesaan Allah, Sang Tuhan Yang Esa. Ilah, artinya Dzat dimana kita bersandar dan Ia sendiri tak butuh sandaran selain-Nya. Kau bersandar pada makhluk, mereka akan runtuh. Sedangkan Allah takkan sirna. Maka mengapa harus galau jika Allahlah sandaranmu?

Iman kepada malaikat. Percaya dan yakin terhadap sepuluh malaikat beserta segenap tugasnya. Ada satu malaikat yang pasti akan kita temui, cepat atau lambat, ialah Izroil Sang Pencabut Nikmat. Kalau kau yakin betul kelak akan dijemput pulang oleh Izroil, mengapa buang waktu dengan segala kegalauanmu itu?

Iman kepada kitab. Percaya dan yakin terhadap isi serta ajaran di dalam kitab yang diwahyukan. Berupa ajaran Tuhan tentang rumus kehidupan. Jika di dalam kitab tertera bahwa selalu ada kemudahan dalam setiap kesusahan, lalu apalagi yang kau galaukan?

Iman kepada Rasul. Percaya dan yakin kepada dua puluh lima utusan Tuhan. Para rasul yang menghadapi tantangan zamannya masing-masing, yang memiliki kegiatan manusiawinya masing-masing. Sekelam apa nestapa yanh kau alami hingga membuatmu galau? Belum ada apa-apanya dibanding Yunus yang ditelan ikan di dasar samudera.

Iman kepada Hari Kiamat. Yakin dan percaya terhadap hari usainya kehidupan dunia, baik kiamat kecil maupun kiamat besar. Segala yang beredar di alam dunia tiada yang abadi. Segala kejayaan dan keruntuhan akan usai, entah oleh kiamat kecil maupun kiamat besar. Maka tiada yang pantas untuk terlalu dibanggakan, apalagi untuk terlalu digalaukan. Biasa-biasa sajalah, jangan terlalu.

Iman kepada Ketentuan Tuhan. Percaya dan yakin atas segala ketetapan Tuhan, entah yang kita pandang baik maupun yang kita anggap buruk. Semua itu tak lepas dari kendali-Nya. Jika betul-betul iman kepada ketentuan Tuhan, lalu mengapa kau begitu kuatir terhadap kehidupan? Jika memang yakin atas ketetapan pasti Tuhan, dan kau cukup taati segala tuntunan yang Ia gariskan, lalu apa lagi yang patut kau galaukan?


--
Kemis, 16/5/2019
Seri Arkaanuddin #2 - Rukun Iman
Ngaji Pasanan KBQT

No comments:

Powered by Blogger.