Seri Arkanuddin #1 - Jatuh Cinta ala Rukun Islam

Oleh: @ziatuwel

Syahadat adalah tentang persaksian dan pernyataan. Tiada tuhan selain Dia. Serta bahwa Baginda Muhammad adalah utusan-Nya. Begitupun cinta. Kalau kau cinta, tegaskan dalam hatimu dan nyatakan padanya. Tiada kekasih selain ia, dan segala yang datang darinya pastilah kau cinta pula.

Shalat adalah tentang hubungan dan harapan. Menghadapkan diri kepada-Nya semata, memanjatkan doa demi doa dalam setiap gerakannya, mulai dari takbir hingga salam. Begitupun cinta. Kalau memang cinta, jalinlah hubungan dan pupuk harapan. Hadap mantapkan dirimu hanya untuknya.

Puasa adalah tentang kesetiaan dan menahan. Kesetiaan menahan nafsu sementara, menyapihnya hingga tenang. Begitupun cinta. Kalau betul cinta, kau 'kan setia hingga saatnya berbuka dan menahan diri dari selainnya.

Zakat adalah tentang pembersihan dan keberbagian. Membersihkan harta yang belepot sampah dunia, berbagi kepada yang fakir dan papa. Begitupun cinta. Kalau benar cinta, kau akan membersihkan rasa dari segala prasangka dan rela berbagi jiwa raga.

Haji adalah tentang rindu, kunjung, dan keberkumpulan. Mengumpulkan segala bekal untuk berkunjung ke 'rumah'-Nya. Berthawaf di satu titik dan bermuara bersama saudara muslim sedunia. Begitupun cinta. Kalau memang cinta, kau akan menuntaskan rindu, tak peduli apapun yang harus diterjang, kau akan mengunjunginya dan menuju satu.


__
Ngaji Pasanan KBQT
Seri Arkaanuddin #1 - Rukun Islam
Senen 13/05/2019

No comments:

Powered by Blogger.