Nggarap Buku Profil - KBQTDiary #26

@ziatuwel

Setelah membenahi web, sebulan ini kami lagi ngebut menyusun buku profil Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Sebab target kami naskah bisa selesai sebelum Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019. Kami memberanikan diri pasang deadline mepet agar gesit bergerak. Pasalnya, proyek pembukuan ini sudah direncanakan bertahun-tahun lalu tapi belum juga eksekusi.

Buku tentang KBQT memang sudah pernah ada, diterbitkan LKiS satu dekade lalu, berupa kliping siaran pers yang dikumpulkan Pak Din dengan judul 'Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah'. Tentu saja -karena berupa kliping- buku itu masih dalam format yang belum runtut dan banyak pengulangan informasi, dan tentu saja tidak up to date. Meski demikian, buku lawas itu masih jadi rujukan utama tentang KBQT sampai saat ini. Entah masih beredar atau tidak.

Di dalam buku terbaru ini, kami hendak menyajikan informasi tentang perjalanan berdirinya KBQT yang dimulai dari sekolah terbuka nan begitu formal, hingga kini menjelma jadi komunitas belajar yang teramat bebas. Ditambah informasi mengenai prinsip belajar 'abadi' yang dianut KBQT dari zaman ke zaman. Serta rekaman praktik belajar yang kini berlaku. Satu lagi yang istimewa, akan ada torehan testimoni orang-orang yang pernah berproses di lingkungan KBQT. Baik itu pendiri, pendamping senior, hingga alumni dan warga belajar yang masih aktif.

Tak lupa kami cantumkan juga daftar karya yang lahir dari rahim KBQT. Mulai dari buku, lagu, pementasan teater, komik, album tembangan, dan sebagainya. Juga daftar penghargaan yang pernah diterima, serta daftar penelitian berupa jurnal, skripsi, tesis, dan disertasi tentang KBQT. Siapa tahu lampiran informasi ini berguna bagi pembaca.

Mengiringi proyek buku profil, kami juga sedang berupaya nguri-uri media komunitas bernama Elalang. Kami hendak memolesnya dalam bentuk majalah, utamanya untuk menjadi media dokumentasi dan publikasi kegiatan komunitas tiap 1-2 bulan. Majalah ini diperuntukkan sebagai laporan bagi wali siswa maupun arsip komunitas dalam rupa yang keren.

Hari ini, per 19/04, naskah buku maupun majalah sudah sampai di angka 80%. Semoga bermanfaat dan bisa jadi sumbangan positif bagi khazanah pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan alternatif. Plus, semoga proyek ini bisa jadi pemantik bagi warga belajar -baik siswa maupun pendamping- untuk terus berkreasi dan produktif.

Kalibening, 19/4/2019

No comments:

Powered by Blogger.