Mengembangkan Bakat di Forum Minat - KBQTDiary #22

Oleh: @ziatuwel

Prinsip belajar di KBQT adalah kedaulatan diri untuk mengetahui hal baru, serta berkreasi dan berkarya sesuai bakat dan minat anak. Sebagai fasilitas untuk mengembangkan bakat dan menyalurkan minat, dibentuk forum-forum minat di lingkungan KBQT. Forum ini biasanya dibentuk di awal tahun pelajaran, yakni pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun bisa juga terbentuk di tengah tahun pelajaran. Saat ini ada forum film, forum gambar, forum english, forum handycraft, forum musik, forum desain, dan forum menulis.

Di masing-masing forum, proses belajar didampingi pendamping yang memang memiliki kapabilitas dalam forum bersangkutan. Misal di forum gambar, didampingi oleh Bram Kusuma, seorang ilustrator Tribun Jateng. Di forum musik, didampingi oleh Hasan Ismail, alumni KBQT yang kini jadi musisi Keroncong Pemuda Kekinian. Suatu kali ada lomba gambar poster tingkat kota Salatiga. Setelah diumumkan hasilnya, ternyata juara pertama adalah 'alumni' forum gambar KBQT, juara kedua siswa aktif forum gambar KBQT, dan juara tiganya justru diraih pendamping di forum gambar.

Forum digelar seminggu sekali sesuai dengan kesepakatan masing-masing anggota forum. Tentu saja jam forum disesuaikan agar tak bertabarakan dengan agenda lain komunitas, semisal kumpul kelas, upacara, atau tawashi. Tidak semua minat anak dibuatkan forumnya. Bagi anak yang memiliki minat khas lain, bisa tetap belajar sendiri tanpa harus membuat forum baru. Bagi forum yang tidak ditemani pendamping, mereka juga belajar secara mandiri dan membuat program belajarnya sendiri. Metode belajar utama dalam forum-forum tersebut adalah praktek.

Sebulan sekali tiap forum diberi ruang untuk menampilkan kreasi mereka di Gelar Karya. Forum musik biasa menampilkan cover lagu atau kreasi lagu baru mereka sendiri. Forum gambar menampilkan komik atau ilustrasi. Forum english menampilkan percakapan berbahasa Inggris. Penampilan karya bisa berkelompok maupun individu.

Selain kelas mingguan yang digelar khusus untuk anggota, forum-forum minat juga bisa menggelar workshop bagi seluruh warga belajar KBQT. Misal, forum handycraft menggelar workshop membuat gelang benang, forum literasi menggelar workshop menulis esai, forum gambar menggelar workshop menggambar karakter, dan sebagainya. Sehingga setiap warga belajar bisa ‘mencicipi’ minat-minat lainnya.

Adanya forum-forum ini tidak menjadi pembatas bagi minat anak-anak. Mereka masih tetap bisa mengeksplorasi keminatan dan bakatnya selama belajar di KBQT. Namun memang forum semacam ini menjadi wadah mengasah minat mereka, sekaligus menjadi jejaring pengalaman yang sangat berharga bagi proses belajar mereka. Sebab, setiap forum juga kerap mengikuti berbagai event di luar lingkungan KBQT sesuai dengan jenis forum tersebut. Baik berupa keikutsertaan dalam lomba, kunjungan ke pameran, teribat dalam seminar, atau sekedar nonton konser bersama.

Kalibening, 9/4/2019

No comments:

Powered by Blogger.