Tentang Rubrik Para Penanam

Sejak melakoni Food Combining sebagai salah satu ikhtiar memulihkan diri dari GERD, porsi makan buah dan sayurku meningkat drastis. Jika sebelumnya cuma makan pisang seminggu sekali, kini tiap hari harus makan buah. Jika sebelumnya porsi sepiring didominasi nasi, kini lebih banyak porsi sayuran. Dan asal kamu tahu, rasanya sangat segar, baik bagi fisik maupun psikis.

Maka mau tak mau aku pun mulai tertarik dengan asal muasal tanaman yang kumakan. Lalu tumbuhlah keinginan untuk bisa menghasilkan bahan pangan sendiri, utamanya sayuran dan rempah. Saat kuliah di Jogja, di halaman kos aku mulai belajar bagaimana menanam. Maklum, meskipun lahir dari kampung petani di lereng Gunung Slamet, pendidikan telah mencerabutku dari akar.

Mulai dari kangkung, jeruk nipis, cabe, hingga pepaya kutanam di halaman kos. Hasilnya membahagiakan saat kita bisa menikmati hasil jerih payah kita sendiri. Apalagi jika menikmatinya bersama teman-teman. Aku pun mulai banyak main ke lokasi-lokasi yang bisa kuserap ilmunya tentang tanam-menanam. Salah satu yang sangat berpengaruh adalah Bumi Langit Institute, sebuah lahan permakultur di lereng Imogiri yang dikelola Pak Iskandar Waworuntu.

Di facebook, kutemukan satu fanpage yang sangat bagus dan menginspirasi; Humans Who Grow Food, yang menyajikan kabar para penanam dari seantero penjuru dunia. Keren sekali! Maka akupun minta ijin kepada admin untuk diperbolehkan menerjemahkan setiap postingannya, dan memuatnya di blog pribadiku. Alhamdulillah, pada 5 Juli 2018 admin mengijinkan. Ini dia tangkapan layarnya;

Sampai hari ini, aku masih belajar menjadi penanam di lahan kebun kecil milik mertua. Tentu saja dengan berbagai macam eksperimen dan coba-coba. Maklum masih pemula. Kisah-kisah para penanam di rubrik ini cukup menyuntik semangat untuk terus belajar menanam. Tak lain dan tak bukan, semua tulisan di rubrik Para Penanam ini dimaksudkan untuk menginspirasi siapapun. Utamanya untuk menyadarkan kita bahwa apapun profesi kita, menanam adalah keterampilan dasar sekaligus aktivitas mulia manusia sebagai khalifah di muka bumi. Semoga bermanfaat kawan!

No comments:

Powered by Blogger.